Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses modernisasi Pendidikan Agama Islam di era Revolusi Industri 4.0 yang diwarnai oleh kemajuan teknologi dan digitalisasi pembelajaran. Fokus penelitian ini terletak pada upaya lembaga pendidikan Islam dalam menyesuaikan metode, strategi, dan media pembelajaran agar tetap relevan dengan karakteristik generasi digital. Alasan penelitian ini dilakukan karena perkembangan teknologi menuntut perubahan sistem pendidikan yang lebih adaptif, tanpa menghilangkan nilai-nilai spiritual Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode studi pustaka yang bersumber dari jurnal, buku, dan hasil penelitian terdahulu. Data dianalisis melalui reduksi, kategorisasi, dan penarikan kesimpulan yang logis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modernisasi PAI tidak hanya berkaitan dengan penggunaan teknologi, tetapi juga pembaruan paradigma pembelajaran agar nilai-nilai Islam tetap menjadi landasan utama di tengah perkembangan digital. Implikasi penelitian ini adalah perlunya guru PAI mengembangkan kompetensi digital dan inovasi pembelajaran agar mampu menanamkan nilai keislaman secara efektif di era modern.
Copyrights © 2025