Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran filsafat dalam menambah wawasan yang dapat dijadikan pedoman dalam mewujudkan cita-cita negara. Fokus penelitian meliputi tiga aspek utama, yaitu (1) pentingnya filsafat dalam pendidikan, (2) cara menghadapi tantangan dalam proses mengajar dan mendukung keberhasilan siswa, serta (3) hubungan antara filsafat pendidikan dengan perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode gabungan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat dipandang sangat penting dalam pengembangan pribadi maupun pembangunan bangsa. Mayoritas responden (lebih dari 80%) menilai bahwa pembelajaran filsafat membantu melatih pola pikir kritis, membedakan benar dan salah, serta membentuk pribadi yang jujur, bertanggung jawab, dan tidak mudah dipengaruhi. Sementara itu, hasil kualitatif menunjukkan bahwa filsafat dipahami sebagai proses berpikir sistematis, kritis, dan mendalam untuk menemukan kebenaran dan memahami hakikat manusia serta kehidupan. Filsafat juga berperan sebagai dasar pemikiran dalam pendidikan karakter dan arah kebijakan pendidikan nasional.
Copyrights © 2025