Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa pada ekstrakurikuler desain grafis di SMP Negeri 4 Lubuk Alung yang diduga menjadi penyebab kurangnya motivasi belajar siswa pada kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi: (1) tingkat motivasi belajar siswa, (2) gambaran keaktifan siswa, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dengan keaktifan siswa pada ekstrakurikuler desain grafis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional, di mana populasinya terdiri atas seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler desain grafis sebanyak 53 orang. Sampel diambil dengan teknik stratified random sampling. Data dikumpulkan dengan angket berupa kuesioner, Data dianalisis melalui metode persentase dan analisis korelasi Product Moment. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) motivasi belajar siswa tergolong rendah, (2) keaktifan siswa juga tergolong rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan keaktifan siswa, dengan koefisien korelasi r = 0,802 yang termasuk kategori sangat kuat. Berdasarkan temuan ini disarankan: (1) pembina ekstrakurikuler desain grafis perlu meningkatkan motivasi belajar siswa untuk mendorong keaktifan,siswa dan (2) penelitian selanjutnya dapat memperluas kajian dengan menambahkan variabel lain yang relevan.
Copyrights © 2025