Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 3 (2025): September - Desember 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Aplikasi Shopee terhadap Motivasi Belajar dan Minat Berwirausaha Siswa

Arif, Mohammad Naf'an (Unknown)
Rafidaa, Veni (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Kebutuhan akan penguatan kompetensi abad ke-21 menuntut adanya inovasi dalam pembelajaran kewirausahaan yang mampu melatih keterlibatan aktif, tanggung jawab kelompok, serta kemampuan berpikir kritis siswa. Salah satu strategi yang relevan adalah penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) yang dikolaborasikan dengan teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan aplikasi Shopee terhadap motivasi belajar dan minat berwirausaha siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa kelas XI Program Keahlian Bisnis Digital di SMKS Ketintang Surabaya yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert untuk mengukur motivasi belajar dan minat berwirausaha. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berbantuan aplikasi Shopee berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan minat berwirausaha siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel dan nilai signifikansi < 0,05. Dengan demikian, hipotesis penelitian (H1) diterima. Kesimpulannya, integrasi Project Based Learning dengan aplikasi Shopee terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar serta menumbuhkan minat berwirausaha siswa pada era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...