Pendidikan berkualitas dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki kemampuan dan karakter sesuai nilai-nilai pancasila. Oleh karena itu, lulusan yang bermutu tidak terjadi begitu saja melainkan direncanakan secara sistematis dengan proses manajemen pendidikan yang terencana dan sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Madrasah Unggulan KH. Abd. Wahab Hasbulloh Jombang dapat menggunakan Manajemen Kurikulum untuk meningkatkan kualitas lulusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian lapangan (field research) menggunakan pendekatan kualitatif. proses pengumpulan data melalui pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, model interaktif digunakan untuk menganalisis data berupa: kondensasi, penyajian, verifikasi, dan kesimpulan. Selain itu, upaya untuk mengecek keabsahan dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa: 1) Perencanaan kurikulum terbentuk dari pandangan visi misi namun tetap menerapkan kurikulum nasional hingga menetapkan program unggulan; 2) Pelaksanaan kurikulum terdiri dari pelaksanaan oleh satuan pendidik, pelaksanaan oleh satuan pendidikan, hingga upaya untuk meningkatkan motivasi dan metode efektif dalam meningkatkan manajemen pendidikan; 3) Evaluasi kurikulum terdiri dari evaluasi secara langsung berupa pengawasan dan evaluasi secara tidak langsung berupa penilaian hingga evaluasi terhadap kriteria standar lulusan. Upaya untuk mencapai hasil yang berkualitas sebuah lembaga pendidikan harus mampu menerapkan manajemen dalam bidang kurikulum. Namun, kurikulum tidak hanya berdasarkan Standar Nasional, akan tetapi kurikulum yang dikembangkan sesuai dengan kondisi dan potensi lembaga.Keyword: Manajemen Kurikulum, Mutu Lulusan.
Copyrights © 2025