Model pembelajaran PjBL merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat penting dalam menghadapi keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 dan model ini juga merupakan salah satu yang disarankan dalam kurikulum merdeka. Oleh karena itu guru diharapkan mampu menerapkannya dengan baik dalam proses pembelajaran. Namun realitanya masih ditemukan guru yang belum begitu terampil dalam melaksnakannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan mendeskripsikan suatu fenomena apa adanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model PjBL dalam Kurikulum Merdeka pada guru madrasah secara umum tidak mengalami kendala, namun terdapat persoalan pada aspek ekternal guru, yaitu kemampuan intelektual siswa yang rendah, keterbatasan waktu, kurangnya motivasi belajar dan keterbatasan sarana pembelajaran seperti bahan/alat, dan motivasi guru senior rendah serta karena ketidakbiasaan menerapkan model pembelajaran baru.. Upaya mengatasi kendala pelaksanaan PjBL adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan media pembelajaran yang menarik, menyumbang sesuai kemampuan masing-masing guru. Manajemen waktu yang baik pendampingan dan motivasi dari kepala sekolah serta guru lainnya untuk guru senior dalam penggunaan teknologi dan penerapan model pembelajaran baru dan penggunaan sumber daya alternatif secara kreatif untuk mengatasi keterbatasan sarana dan alat.Kata Kunci: Model PjBL, Kurikulum Merdeka, Guru Madrasah
Copyrights © 2025