Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Live Worksheet yang valid, praktis, dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA Taruna Pekanbaru. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas E-LKPD yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid, dengan validitas 92,5% dan sangat praktis, dengan praktikalitas 86,23%. Sedangkan untuk tingkat efektifitas nilai sebesar 2,539 dan nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 1,997 maka atau 1,997, sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang siginifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik kelas eksperimen dan peserta didik kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) menggunakan Media Live Worksheet yang dikembangkan ini telah valid, praktis, dan efektif.
Copyrights © 2025