Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran physics e-comic dengan pendekatan konstekstual yang layak untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya; (2) Menghasilkan media pembelajaran Physics E-Comic dengan pendekatan kontekstual yang efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan menggunakan model pengembangan 4D, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebarluasan). Produk yang dihasilkan adalah komik CoPEC (Contextual Physics E-Comic). Kelayakan komik CoPEC berasal dari pengisian angket validasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Analisis data kelayakan penelitian yaitu dengan data interval, SBI, formula Aiken’s V, Pearson correlation, Cronbach’s Alpha. Data keefektifan dapat diketahui dari peningkatan pemahaman konsep berdasarkan nilai pretest-posttest dan peningkatan minat belajar fisika berdasarkan angket minat belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran komik CoPEC. Analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan N-Gain, uji Kolmogorov-Smirnov, uji MANOVA, effect size, dan uji pos hoc. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) komik CoPEC dengan pendekatan kontekstual layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya; (2) komik CoPEC dengan pendekatan kontekstual yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dan cahaya..
Copyrights © 2025