Tujuan penelitian ini adalah: 1) menghasilkan media pembelajaran Scratch yang layak menurut penilaian ahli dan praktisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA; 2) menghasilkan media pembelajaran Scratch yang praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA; dan 3) mengetahui efektivitas media pembelajaran Scratch pada pembelajaran fisika materi gelombang bunyi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA. Desain penelitian yang digunakan adalah RD dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI SMA yang berlokasi Klaten. Teknik pengumpulan data meliputi tes berupa pretest, posttest, dan angket, non tes, warwancara serta observasi. Kelayakan dan kepraktisan media pembelajaran Scratch yang dikembangkan dianalisis dengan teknik simpangan baku ideal (SBI), sedangkan efektivitas media pembelajaran Scratch dianalisis dengan paired sample t-test, manova, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran Scratch model Problem Based Learning pada materi gelombang bunyi layak digunakan berdasarkan hasil penilaian ahli dan praktisi pendidikan, 2) media pembelajaran Scratch yang dikembangkan praktis digunakan berdasarkan respon siswa pada uji terbatas yang dilakukan; dan 3) media pembelajaran Scratch efektif digunakan sebagai media pembelajaran fisika materi gelombang bunyi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan physics identity siswa SMA.
Copyrights © 2025