Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 12, No 2 (2025): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS PAGEFLIP BOOK BERBANTUAN APLIKASI CANVA GUNA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Bella, Alya Nurfita (Unknown)
Pujianto, Pujianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva yang layak untuk pembelajaran guna meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA; (2) mengetahui minat belajar dan penguasaan materi fisika peserta didik SMA yang menggunakan e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva; (3) mengetahui penguasaan materi peserta didik SMA yang menggunakan e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva. Penelitan ini merupakan penelitian pengembangan (RD) dengan menggunakan 4D model atau 4P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Produk yang dihasilkan adalah e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva. Pengumpulan kelayakan dilakukan dengan pengisian angket validasi oleh validator ahli yaitu dosen Pendidikan fisika FMIPA UNY dan validator praktisi guru fisika SMA Angkasa Adisutijipto. Pengumpulan data eningkatan minat belajar dan penguasaan dilihat hasil tes dan non tes, dimana untuk hasil tes dari skor nilai pretest dan posttest dan hasil non tes dengan pengisian angket minat belajar dan penguasaan materi sebagai pendukung variabel. Analisis data untuk tes maupun non tes menggunakan standar gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) E-Module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi vanva yang telah dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran fisika guna meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika; (2) E-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva yang telah dikembangkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dengan kategori sedang; (3) e-module berbasis pageflip book berbantuan aplikasi canva mampu meningkatkan penguasaan materi dengan kategori sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...