Artikel ini membahas pengembangan media pembelajaran fisika melalui aplikasi Scratch 3D untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Indonesia, khususnya pada konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB). Dengan rata-rata tingkat belajar yang rendah, terutama dalam lingkup internasional, diperlukan pendekatan inovatif. Metode tradisional seperti ceramah dan gambar memiliki keterbatasan, sehingga artikel ini mengusulkan penerapan Scratch sebagai solusi untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penelitian melibatkan definisi konsep, perancangan media pembelajaran, dan uji validasi pada mahasiswa pendidikan fisika. Scratch memberikan antarmuka interaktif dengan animasi dan simulasi grafis GLBB, meningkatkan keterlibatan siswa. Uji validasi menunjukkan tingkat kelayakan yang baik, sementara pembenahan pada kreativitas dan struktur masih diperlukan.Dengan memanfaatkan Scratch, artikel ini menyoroti potensi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika, khususnya GLBB. Simulasi tiga dimensi menciptakan pengalaman belajar yang dinamis. Penggunaan Scratch diharapkan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar fisika di Indonesia melalui pendekatan inovatif
Copyrights © 2025