IKRA-ITH ABDIMAS
Vol. 9 No. 3 (2025): Jurnal IKRAITH-ABDIMAS Vol 9 No 3 November 2025

Literasi Pemasaran Digital Mendorong Petani Go Online

Farida (Unknown)
Shafenti (Unknown)
Kuswanti (Unknown)
Syahrul (Unknown)
Venus F Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2025

Abstract

Desa Margaluyu Kabupaten Bandung yang masyarakatnya sangat menggantungkan hidupnya padasektor pertanian, yaitu sayuran dan buah-buahan. Selama ini menjual hasil pertanian kepada paratengkulak yang memberikan harga masih jauh dari harga di pasaran. Adapun salah satu tujuan daripengabdian masyarakat yang diselenggarakan para dosen dari Universitas Persada Indonesia YAIadalah mengenalkan pemasaran online untuk memangkas rantai pasok pemasaran sayuran danbuah-buahan. Metode yang dilakukan adalah sosialisasi dan pengenalan tentang pemasaran online,sarana yang diperlukan, sosialisasi tentang manfaat pengemasan, dan pengolahan hasil pertanianmenjadi produk yang memiliki nilai tambah ekonomi. Pengabdian diselenggarakan selama 2 hari.Hari pertama dihadiri oleh petani sebanyak 15 orang atau 25 persen dari target 60 petani yang kitaundang. Hari kedua, tim pengabdian mengunjungi langsung para petani dan mengadakanwawancara tentang pertanian dan hasil pertanian. Berdasarkan hasil diskusi dan wawancara,tampaknya para petani masih banyak yang tidak memanfaatkan atau menggunakan handphone.Namun, anak-anak dari para petani tersebut sudah cukup familiar menggunakan handphone danmedia social.Kata kunci : Literasi digital, pemasaran digital, pertanian, nilai tambah

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-ABDIMAS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

This IKRA-ITH Abdimas scientific journal is a Scientific Community Service Journal published by the Institute of Research and Community Service from YAI Persada Indonesia University. This scientific journal is a means of pouring out the ideas and activities of lecturers working in the field of ...