Publikasi ilmiah merupakan indikator penting dalam pengembangan profesionalisme guru dan calonguru di era digital. Namun, rendahnya kompetensi penulisan dan minimnya pemanfaatan teknologipendukung menjadi kendala utama dalam optimalisasi publikasi, khususnya di jurnal terakreditasinasional seperti SINTA. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim pengabdian kepadamasyarakat terhadap guru dan mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) di SMK PGRI 3 Malang,ditemukan bahwa 78% responden belum pernah mempublikasikan karya ilmiah mereka, meskipunsebagian besar telah menghasilkan laporan penelitian tindakan kelas atau tugas akhir. Hal inimenunjukkan adanya gap signifikan antara kemampuan menulis dengan tuntutan publikasiakademik. Sebagai respons atas kondisi tersebut tim pengabdian masyarakat melalui dana hibahPPG UM akan melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan ilmiah berbantuan EVA, guru danmahasiswa PPG yang diarahkan untuk menghasilkan tulisan ilmiah berkualitas serta memilikipemahaman menyeluruh tentang proses publikasi ilmiah. Metode pelaksanaan program pengabdianini dirancang secara sistematis melalui pendekatan partisipatif, kolaboratif, dan berbasis praktiklangsung (learning by doing). Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan dalam hal pemahamanstruktur artikel ilmiah, keterampilan teknis dalam penulisan, serta kesiapan artikel untuk dikirim kejurnal. Sebanyak 8 artikel dinyatakan layak submit dan lebih dari 85% peserta mampumengoperasikan EVA secara mandiri. Program ini juga telah menciptakan fondasi budaya akademikbaru di lingkungan sekolah mitra, yang tidak hanya berfokus pada pelatihan sesaat tetapi jugamembentuk ekosistem kolaboratif dan berkelanjutan dalam literasi ilmiahKata kunci : Publikasi Ilmiah, Penulisan Artikel, EVA (Easy Valuable Assistant), Guru danMahasiswa PPG UM, Jurnal SINTA
Copyrights © 2025