Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis dari variabel-variabel yangmempengaruhi Nilai Perusahaan dengan Intervening Manajemen Laba Pada Perusahaan OtomotifYang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 – 2020. Adapun riset disertasi ini metodeberupa riset kuantitatif asosiatif kausal. Populasi adalah 20 perusahaan Otomotif dan sampelterdapat 15 perusahaan periode 2016-2020. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling.Penggunaan metode dalam uji hipotesis ini adalah analisis regresi data panel diolah menggunakansoftware eviews 10 dengan uji-t kemudian uji-f dengan tingkat signifikan lima persen serta ujikoefisien determinasi. Hasil penelitian determinan Manajemen Laba menunjukkan bahwa secarasimultan variable ukuran perusahaan, leverege, nilai tukar dan su ku bunga berpengaruh positif &significan terhadap Manajemen laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia periode tahun 2016-2020. Hasil penelitian berupa implikasi terhadap nilai perusahaanmenunjukkan bahwa secara simultan variable ukuran perusahaan, leverage, nilai kurs, suku bungadan manajemen laba berpengaruh positif dan signifikan pada nilai perusahaan padaperusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016-2020.Koefisien determinasi Manajemen laba dengan Adjusted R- Square sebesar 79,77% sedangkanimplikasi nilai perusahaan dengan Adjusted R- Square sebesar 79,38%. Perusahaan dengan nilaisensitifitas terbesar terhadap manajemen laba. Pentingnya manajemen laba diterapkan olehperusahaan sebagai upaya untuk dapat mengintegrasikan laporan keuangan yang benar serta untukterus meningkatkan nilai perusahaan. This study aims to determine and analyze the variables that influence Company Value with ProfitManagement Intervening in Automotive Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange forthe 2016-2020 Period. The dissertation research This method is a causal associative quantitativeresearch. The population is 20 Automotive companies and the sample consists of 15 companies forthe 2016-2020 period. The sample was taken based on purposive sampling . The method used inthis hypothesis test is data regression analysis . The panel is processed using eviews 10 softwarewith a t-test then an f-test with a significance level of five percent and a determination coefficienttest. The results of the study of Earnings Management determinants show that simultaneously thevariables of company size, leverage , exchange rate and su interest rates have a positive andsignificant effect on earnings management in automotive companies the Indonesia Stock Exchangeperiod 2016-2020 . The results of the study in the form of implications for company value indicatethat simultaneously the variables of company size, leverage , exchange rate, interest rate andearnings management have a positive and significant effect on company value in companiesAutomotive on the for the period 2016-2020 . The coefficient of determination for earningsmanagement with an adjusted R-square of 79.77%, while the company's value implications withan adjusted R-square of 79.38%. Companies with the highest sensitivity to earnings management.The importance of earnings management is implemented by companies as an effort to integrateaccurate financial reports and to continuously increase company value.
Copyrights © 2026