Penelitian ini mengkaji penerapan dasar pembelajaran berbasis proyek di MTsN Batu, Malang, sebagai upaya mengatasi tantangan pembelajaran bahasa Arab yang monoton dan kurang kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode ini dalam meningkatkan keterampilan bahasa Arab siswa. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek berhasil menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan kolaboratif, meningkatkan pemahaman siswa, dan mengembangkan keterampilan sosial dan komunikasi siswa. Proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa memfasilitasi penerapan pemahaman dalam konteks nyata, yang pada gilirannya meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi. Penelitian ini memberi otorisasi eksplorasi lebih lanjut tentang keterlibatan orang tua dan guru dalam mendukung efektivitas pembelajaran berbasis proyek.
Copyrights © 2025