SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
Vol. 10 No. 2 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling

Implementasi pendidikan multikulturalisme di MAN 1 Padangsidimpuan

Siregar, Ahmad Ihsan Pardamean (Unknown)
Siregar, Rony Hamdani (Unknown)
Malayu, Owi Ali Nurdin (Unknown)
Siagian, Irpan Haj (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pendidikan multikulturalisme di MAN 1 Padangsidimpuan, sebuah sekolah yang berada di wilayah dengan keragaman budaya, agama, dan suku bangsa yang tinggi. Mengingat pentingnya pendidikan multikulturalisme dalam menumbuhkan sikap toleransi, saling menghargai, dan memperkuat persatuan, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami implementasi pendidikan tersebut di tingkat madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dan data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 1 Padangsidimpuan telah mengimplementasikan pendidikan multikulturalisme dengan memasukkan nilai-nilai keberagaman dalam kurikulum, menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang melibatkan siswa dari berbagai latar belakang, serta menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif. Namun, tantangan dalam implementasi pendidikan ini juga ditemukan, seperti adanya perbedaan pemahaman di kalangan guru dan siswa mengenai nilai-nilai multikulturalisme. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan model pendidikan multikultural yang lebih efektif dan aplikatif, yang dapat diadopsi oleh sekolah-sekolah lain di Indonesia. Keterbaharuan penelitian ini terletak pada penekanan terhadap konteks lokal MAN 1 Padangsidimpuan dalam menghadapi dinamika multikulturalisme di era globalisasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

schoulid

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Social Sciences

Description

SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 ...