Masyarakat: Jurnal Pengabdian
Vol. 2 No. 4 (2026)

KELAS CERIA SEBAGAI MEDIA EDUKASI KREATIF UNTUK ANAK-ANAK KAMPUNG KALOBARANG

Pratiwi, Nidia Indah (Unknown)
Zohriah, Anis (Unknown)
Nur Alfina, Siti Naza (Unknown)
Pradina, Pasha (Unknown)
Wifqil Hikam, Muhammad Wifqil (Unknown)
Muhtafidz, Muhammad Izza (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Kelas Ceria adalah suatu program pendidikan yang berfokus pada metode belajar mengajar yang memberikan ruang menyenangkan dan kreatif untuk anak-anak, khususnya usia dini. Tujuannya adalah untuk menarik minat daya belajar mereka sejak awal. Penelitian ini mengkaji bagaimana Kelas Ceria berfungsi sebagai alat edukasi yang inovatif untuk meningkatkan keterlibatan, daya imajinasi, dan kemampuan berpikir anak tersebut. Metode yang digunakan dalam program Kelas Ceria ini terdiri dari beberapa tahapan diantaranya: Identifikasi Program, Perancangan Kebutuhan, Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi. Program Kelas Ceria ini dilaksanakan di Posko KUKERTA 07 Desa Sukamanah. Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak menjadi lebih semangat belajar saat materi diterapkan dalam format permainan edukatif, kegiatan seni, dan proyek kolaboratif. Pendekatan ini juga terbukti berhasil meningkatkan keterampilan sosial dan emosional mereka. Secara keseluruhan, Kelas Ceria merupakan pilihan media pembelajaran yang efektif dan menghibur, yang dapat menghasilkan sebuah ilmu pengetahuan bagi anak anak secara menyeluruh.

Copyrights © 2026






Journal Info

Abbrev

m-jp

Publisher

Subject

Other

Description

Masyarakat: Jurnal Pengabdian adalah jurnal profesional terakreditasi yang memiliki E-ISSN 3048-0760 dan P-ISSN 3048-0531 yang menyajikan informasi dan opini terkini mengenai isu-isu penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan bidang Ilmu Pendidikan, Ilmu Sosial dan Ilmu ...