Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kepustakaan yang bertujuan untuk memahami dan menjelaskan penerapan terapi muhasabah dalam meningkatkan self-motivation pada pelajar. Muhasabah, sebuah konsep Islam yang berarti introspeksi dan refleksi atas perbuatan, dapat dipahami sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran diri, tanggung jawab moral dan keseimbangan spiritual pada individu. Sementara itu, self-motivation pelajar merupakan kemampuan individu untuk menggerakkan diri sendiri secara internal dalam mencapai tujuan pendidikan dan pengembangan diri. Melalui kajian literatur terkait, penelitian ini menyoroti tentang keutamaan muhasabah dalam Islam, konsep self-motivation, dan implementasi terapi muhasabah sebagai alat esensial yang bertujuan untuk meningkatkan self- motivation pada pelajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi muhasabah dapat menjadi pendekatan psiko-spiritual yang efektif dan bisa dilakukan melalui refleksi diri secara mandiri dengan langkah-langkah praktis, seperti identifikasi kelebihan dan kekurangan, menetapkan tujuan, serta dapat melatih rasa syukur. Melalui kajian dalam penelitian ini, diharapkan hasil penelitian dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan pendidikan yang bersifat holistik dan berbasis nilai-nilai spiritual.
Copyrights © 2025