Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa guna menerima materi lanjutan dan mengembangkan kemampuan matematis lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dalam ppembelajjaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI-A selaku kelas eksperimen siswa XI-C selaku kelas kontrol. Kelas eksperimen kelompok yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER, kelas kontrol kelompok yang diajarkan meanggunnakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tess pemahaman konsep yang telah divalidasi serta lembar observasi aktivitas siswa selama perlakuan di kelas eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan (1)terdapat perbedaan rata-rata hasil antara kelompok eksperimen serta kelompok kontrol, di mana nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (nilai sig.< 0,05 dan t_(hitung ) (3,772) > t_tabel (1,674 )), skor n-gain pada kelompok eksperimen masuk dalam kategori (0,8), kemudian skor effect size tergolong besar/kuat (1,01), ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep matematis kelompok eksperimen dalam kriteria baik. (2)keterlaksanaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER pada pelajaran matematika berjalan dengan lancar dengan rata-rata aktivitas siswa masuk dalam kategori aktif (74%). Sehingga, disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Copyrights © 2025