Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 4 (2025): November

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

Nurliyani, Baiq Erika (Unknown)
Makki, Muhammad (Unknown)
Fauzi, Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 1 Rarang Tengah dengan rata-rata nilai 52,5. Untuk mengatasinya, diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model PBL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Nonequivalent Control Group Design). Subjek penelitian berjumlah 40 siswa yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol, masing-masing 20 siswa. Data diperoleh melalui tes uraian kemampuan pemecahan masalah dan dianalisis menggunakan uji-t setelah uji prasyarat normalitas dan homogenitas terpenuhi. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi 0,026 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Uji N-gain sebesar 63,395 menunjukkan peningkatan pada kategori sedang. Dengan demikian, model Problem Based Learning berbasis etnomatematika efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SDN 1 Rarang Tengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...