TPQ Al-Iqra’ sebagai media pendidikan Al-Qur’an memiliki peran penting dalam memberikan pendidikan Islam yang lebih mendalam, serta membentuk karakter dan akhlak mulia yang berbasis pada ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis yang terdapat di dalam program TPQ Al-Iqra dengan menggunakan analisis SWOT (strenght, weakness, opportunitiy, threats). Metode penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif yang akan menjabarkan pembahasan secara detail dari hasil analisis SWOT program TPQ Al-Iqra’. Adapun lokasi penelitian ini berada ditengah kawasan SD Negeri 002 Samarinda Kota. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah TPQ Al-Iqra, ustadz/ustadzah TPQ Al-Iqra’, dan sebagian peserta didik terpilih yang aktif dalam mengikuti pembelajaran di Program TPQ Al-Iqra’. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis SWOT untuk mengatahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari program berjalan tersebut. Adapun hasil penelitian yang ditemukan dari hasil analisis SWOT yaitu program TPQ Al-Iqra di SD Negeri 002 Samarinda Kota memiliki kekuatan yang dapat dimanfaatkan sebagai program yang berkembang. Program tersebut selain memiliki kelebihan juga terdapat kelemahan atau kekurangan pada program tersebut. Program TPQ Al-Iqra juga memiliki peluang sebagai kesempatan untuk meningkatkan berbagai aspek tujuan yang ingin dicapai walaupun ada tantangan yang harus dihadapi.
Copyrights © 2025