Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Analisis Inkonsistensi Pengetahuan Teoritis dan Praktik pada Keputusan Nasabah Memilih Bank Syariah: Studi Kasus pada Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2021 Febi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Derlan, Selfiah (Unknown)
Zuwardi, Zuwardi (Unknown)
Izmuddin, Iiz (Unknown)
Alfin, Aidil (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan permasalahan ketidakselarasan (inkonsistensi) yang nyata antara pengetahuan teoritis mahasiswa perbankan syariah angkatan 2021 Febi UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi tentang bank syariah, dengan praktik riil mereka dalam memilih lembaga keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan teoritis mahasiswa tentang bank syariah serta mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan inkonsistensi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, berlokasi di kalangan mahasiswa perbankan syariah angkatan 2021 FEBI UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling, sementara data sekunder dikumpulkan dari studi literatur relevan seperti buku, jurnal, dan artikel. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas informan memiliki pengetahuan teoritis mengenai prinsip-prinsip perbankan syariah, dimana nilai “A” yang dominan pada mata kuliah inti seperti Fiqh Muamalah, Manajemen Bank Syariah, Fiqh Perbankan, dan Hukum Perbankan, menjadi bukti konkret bahwa mereka tidak hanya sekadar mengenal, melainkan juga menguasai landasan teoritis perbankan syariah. Namun, inkonsistensi perilaku ditemukan, di mana informan tetap memilih bank konvensional sebagai bank utama mereka. Dimana Faktor-faktor penyebab terjadinya inkonsistensi antara pengetahuan teoritis dan praktik adalah faktor internal yaitu faktor kebutuhan dan keinginan seperti kemudahan akses atau jangkauan ATM yang luas, sedangkan faktor eksternal, yaitu faktor budaya dan lingkungan seperti pengaruh lingkungan sosial dan kebiasaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...