Jurnal Ekonomi Trisakti
Vol. 5 No. 2 (2025): Oktober

PERAN eWOM & TOURIST SATISFACTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PENGARUH SERVICE QUALITY TERHADAP DESTINATION LOYALTY PADA WISATA ALAM DI KABUPATEN BOGOR

Haikal Ghalbi (Unknown)
Dyah Astarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh service quality terhadap destination loyalty dengan memasukkan electronic word of mouth (eWOM) dan tourist satisfaction sebagai variabel mediasi pada wisata alam di Kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner kepada wisatawan yang berkunjung. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling, dan data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap eWOM, tourist satisfaction, dan destination loyalty. Selain itu, eWOM dan tourist satisfaction terbukti memediasi hubungan antara service quality dan destination loyalty. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas layanan yang baik mampu menciptakan kepuasan wisatawan, mendorong eWOM positif, serta meningkatkan loyalitas terhadap destinasi wisata alam di Kabupaten Bogor. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pengelola destinasi untuk menjaga kualitas layanan, baik dari segi fasilitas maupun pelayanan, guna meningkatkan pengalaman wisatawan serta memperkuat daya tarik destinasi melalui kepuasan dan eWOM positif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Trisakti (JET) has been published by Lembaga Penerbit Fakultas EKonomi dan Bisnis (LPFEB). JET is a journal for publication of undergraduate (S1) and Applied (D4) students, students of the Faculty of Economics and Business (FEB) as well as students outside of FEB and General Affairs. ...