Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan program ekstrakurikuler SELASAR (Sains Eksploratif Langsung dari Sumber Alam dan Ruang Lokal) di SMPN 4 Siak Hulu, Riau. Program dirancang untuk memperkuat pembelajaran sains kontekstual dan pemanfaatan potensi sains lokal. Kegiatan diikuti oleh guru-guru IPA dan 25 orang siswa kelas IX. Metode meliputi sosialisasi kepada kepala sekolah dan guru IPA, pelatihan teknik eksplorasi serta dokumentasi, pendampingan school-yard inventory tumbuhan (identifikasi morfologi, klasifikasi, dokumentasi spesies tumbuhan), laporan hasil eksplorasi lapangan. Data kualitatif dan teknik analisis dihimpun melalui observasi terstruktur serta telaah produk hasil eksplorasi lingkungan sekolah. Hasil menunjukkan terbentuknya program ektrakurikuler eksplorasi sains lokal di lingkungan sekolah, portofolio hasil identifikasi (laporan, poster/infografis), peningkatan keterlibatan dan ketelitian deskripsi siswa, serta kesiapan guru menyelaraskan SELASAR dengan topik pembelajaran. Umpan balik sekolah mengindikasikan kelayakan adopsi berkelanjutan. Disimpulkan bahwa SELASAR efektif meningkatkan relevansi belajar dan praktik komunikasi ilmiah siswa. Selanjutnya akan dilakukan analisis data dengan pengukuran kuantitatif untuk memperkuat bukti dampak dan replikasi.
Copyrights © 2025