Kompetensi guru serta motivasi kerja guru dalam mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Melihat rata-rata hasil belajar siswa (Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah ) tahun 2024 kelas IX SMP Se-Kecamatan Sanden, Bantul, DIY sangat beragam. Tidak sedikit sekolah yang mampu mempertahankan mutu sekolah dengan mempersiapkan siswanya mendapatkan nilai yang maksimal setiap akhir semesternya. Khususnya kelas IX SMP yang menghadapi ASPD. Banyak dari siswa yang tidak mempedulikan dengan hasil ASPD pada jenjang SMP karena menurut mereka jenjang SMP tidak sepenting Ujian Akhir Sekolah saat jenjang SMA nanti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru, kompetensi pedagogik serta motivasi kerja guru terhadap hasil belajar siswa SMP se-Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 136 guru SMP di Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DIY. Penentuan sampel penelitian sejumlah 101 menggunakan rumus slovin. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Pearson Product Moment. Uji reliabilitas instrumen menggunakan koefisien Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi profesional, kompetensi pedagogik dan motivasi kerja guru di SMP se-Kecamatan Sanden, Bantul, DIY berada di kategori baik.
Copyrights © 2025