IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Vol 6, No 2 (2025): OKTOBER 2025

Integrasi Berpikir Kritis dalam Pendidikan Agama Kristen: Membentuk Karakter dan Moral Kristiani melalui Pendekatan Interdisipliner

Tnunay, Paulus (Unknown)
Boiliu, Noh Ibrahim (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

The formation of students’ character and morality represents a central challenge for Christian Religious Education (CRE) in the context of globalization and secularization, which have led to a profound crisis of values. Integrating critical thinking into CRE is essential to help students comprehend the Christian faith reflectively and contextually. This study aims to explore the integration of critical thinking within CRE as a strategy for shaping Christian character and morality through an interdisciplinary framework. Employing a qualitative library research design, the study analyzes theological, philosophical, and pedagogical sources to construct a conceptual synthesis. The findings reveal that critical thinking serves as a vital pedagogical tool for evaluating faith doctrines, internalizing Christian moral values, and addressing ethical dilemmas with wisdom and discernment. The interdisciplinary approach highlights the dynamic interaction between reason and spirituality in faith-based learning. Conceptually, the study contributes an integrative model linking critical thinking with theological and moral formation. Practically, it provides implications for reflective learning, ethical dialogue, case-based pedagogy, and digital engagement as strategies for teachers, churches, and Christian schools to foster critical and faithful learners capable of engaging global realities. AbstrakPembentukan karakter dan moralitas peserta didik menjadi tantangan utama Pendidikan Agama Kristen (PAK) di tengah arus globalisasi dan sekularisasi yang menimbulkan krisis nilai. Untuk menjawab tantangan ini, kemampuan berpikir kritis perlu diintegrasikan dalam pembelajaran PAK agar peserta didik mampu memahami iman Kristen secara reflektif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan integrasi berpikir kritis dalam PAK sebagai strategi pembentukan karakter dan moralitas Kristen melalui pendekatan interdisipliner. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka dengan analisis kualitatif terhadap sumber-sumber teologis, filosofis, dan pedagogis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kritis berperan penting sebagai sarana pedagogis dalam menilai ajaran iman, menginternalisasi nilai-nilai moral Kristen, serta menanggapi persoalan etis secara bijaksana. Pendekatan interdisipliner menegaskan perlunya sintesis antara akal budi dan spiritualitas dalam proses pembelajaran. Secara konseptual, penelitian ini memberi kontibusi integrasi berpikir kritis dalam PAK sebagai  fondasi teologis dan pedagogis bagi pembentukan karakter dan moralitas Kristiani yang transformatif di era modern. Secara praktis, penelitian ini memberi kontribusi penerapan pembelajaran reflektif, studi kasus, dialog etis, dan teknologi digital bagi guru, gereja, dan sekolah untuk menguatkan kemampuan berpikir kritis serta relevansi iman dalam konteks global.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

immanuel

Publisher

Subject

Religion Education

Description

IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen merupakan wadah publikasi hasil penelitian teologi dan pendidikan agama Kristen, dengan nomor ISSN: 2721-432X (online), ISSN: 2721-6020 (print), yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Sumatera Utara, Medan. Focus dan Scope penelitian IMMANUEL ...