Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada saat mengerjakan soal matematika. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Flipped Classroom berbantuan Google Classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dan hasil proses penyelesaian jawaban siswa terkait permasalahan kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengambilan sampel dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu Teknik pengambilan sampel yang terdiri dari sekelompok anggota yang terhimpun pada kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah kulasi-eksperimental. Kelas eksperimen pada teknik ini merulpakan kelas yang pembelajarannya menggulnakan model pembelajaran Flipped Classrooom dengan bantulan Google Classroom, sedangkan kelas kontrol pada metode ini menggulnakan model pembelajaran tradisional.. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pemecahan masalah. Berdasarkan hasil uji t-test untuk data kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh dan nilai . Karena yakni maka ditolak. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model flipped classroom berbantuan google classroom terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. ABSTRACT This research was conducted against the background of low problem-solving skills of students when working on mathematics problems. The purpose of this study was to determine the effect of the use of the Flipped Classroom model assisted by Google Classroom on students' problem-solving skills and the results of the process of solving students' answers related to problem-solving ability problems. The sampling technique was chosen using the Cluster Random Sampling technique, which is a sampling technique consisting of a group of members gathered in a group. The research method used is cursi-experimental. The experimental class in this technique is a class whose learning rolls the Flipped Classrooom learning model with the bounce of Google Classroom, while the control class in this method rolls the traditional learning model.. Data collection techniques using problem-solving tests. Based on the results of the t-test for mathematical problem-solving ability data, the value was obtained and the value . Because it is, it is rejected. Therefore, it can be concluded that there is an influence of the flipped classroom model assisted by Google Classroom on students' mathematical problem-solving skills.
Copyrights © 2025