Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self-efficacy, potensi diri, kondisi ekonomi orang tua, dan lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai, secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai yang berjumlah 63 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode total sampling dengan jumlah seluruh populasi dijadikan sampel, serta data dianalisis dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Self-Efficacy berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0.295. Nilai koefisien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar -2.354 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.022 < α = 0.05. 2) Potensi diri berpengaruh sigifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.338. Nilai Koefisien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar 4.403 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.000 < α = 0.05. 3) Kondisi ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0.638. Nilai koefsien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar 4.155 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.000 < α = 0.05. 4) Lingkungan sosial berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar -0.330. Nilai koefisien dinyatakan signifikan karena nilai thitung sebesar -2.350 > ttabel sebesar 1.671 dengan nilai signifikan 0.022 < α = 0.05. 5) Self-efficacy, potensi diri, kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Benai. Hal ini ditunjukkan oleh nilai Fhitung sebesar 10.820 > Ftabel 2.53 dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05.
Copyrights © 2025