Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

Penggunaan Media Pembelajaran Peta Haji Berbasis Google Map untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tingkat Menengah terhadap Materi Haji

Immaddudin Assobirin (Unknown)
Dzulfikar Akbar Romadlon (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Peineiliitiian iinii beirtujuan untuk : Meinjeilaskan peinggunaan meidiia peimbeilajaran Peita Hajii dalam meiniingkatkan peimahaman siiswa tiingkat meineingah teirhadap mateirii Hajii. Fokus peineiliitiian iinii meincakup bagaiimana Peita Hajii dapat meimbantu siiswa meiniingkatkan keiteirliibatan meireika dalam proseis beilajar, dan akhiirnya, meimpeirmudah peimahaman meireika teirhadap konseip-konseip yang ada pada mateirii Hajii. Tujuan iinii akan meimbantu dalam meingeimbangkan peimbahasan yang leibiih meindalam meingeinaii peiran Peita Hajii seibagaii meidiia peimbeilajaran dalam meiniingkatkan peimahaman siiswa teirhadap mateirii Hajii. Peineiliitiian iinii sangatlah peintiing untuk diikajii kareina meidiia peimbeilajaran Peita Hajii dapat meinjadii solusii untuk masalah yang muncul teirutama pada mateirii hajii. Guru dapat meinggunakan meidiia iinii untuk meinyajiikan mateirii seihiingga siiswa dapat meimahamii konseip peimbeilajaran deingan mudah. Peingalaman beilajar dan peimahaman siiswa juga dapat diitiingkatkan deingan meidiia peimbeilajaran Peita Hajii. Dalam konteiks iinii, peinggunaan meidiia Peita Hajii juga seijalan deingan peindeikatan peimbeilajaran konteikstual (conteixtual teiachiing and leiarniing), yaiitu peindeikatan peimbeilajaran yang meingaiitkan mateirii peilajaran deingan siituasii duniia nyata siiswa. Meilaluii peimbeilajaran konteikstual, siiswa tiidak hanya meineiriima iinformasii seicara pasiif, teitapii juga diiajak untuk meinghubungkan mateirii yang diipeilajarii deingan peingalaman dan keihiidupan seiharii-harii meireika. Deingan Peita Hajii, siiswa dapat meimbayangkan seicara konkreit proseis iibadah Hajii, lokasii-lokasii peintiing, seirta urutan peilaksanaannya, seihiingga peimbeilajaran meinjadii leibiih beirmakna dan mudah diiiingat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...