Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

PENGEMBANGAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN TEKS DAN MINAT BACA SISWA KELAS 2 MIS UF NW PAOK LOMBOK

LEELY ROHMATI (Unknown)
DEWI ROHIANI (Unknown)
SITI ZAINAB MUSLIMIN (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman teks dan minat baca siswa kelas 2 MIS UF NW Paok Lombok, di mana hanya 31,25% siswa mampu memahami teks cerita dan hanya 37,5% siswa menunjukkan antusiasme dalam kegiatan membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media boneka tangan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks dan minat baca siswa kelas 2 MIS UF NW Paok Lombok. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas 2 MIS UF NW Paok Lombok. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli media dan materi, lembar praktisi pendidikan, lembar observasi siswa, angket minat baca, dan tes kemampuan pemahaman teks. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan rumus persentase dan validitas Gregory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka tangan yang dikembangkan memperoleh validitas sangat tinggi dari ahli media dan materi dengan skor 1.0 (kategori sangat tinggi). Penilaian praktisi pendidikan mencapai 95% (sangat praktis), dan observasi siswa menunjukkan skor 96,4% (sangat praktis). Setelah implementasi media, minat baca siswa meningkat dari 37,5% menjadi 87,67% (kategori sangat baik), dan kemampuan pemahaman teks meningkat dari 31,25% menjadi 85,42% (kategori sangat tinggi). Media boneka tangan berbasis tokoh buku cerita anak "Aku Bisa" terbukti valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman teks dan minat baca siswa kelas 2 MI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...