Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Build

TIKTOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI CIVIC COMPETENCE UNTUK MEWUJUDKAN GENERASI BERDAYA SAING DAN BERKARAKTER PANCASILA

Amrina Izzatika (Unknown)
Tegar Pembudhi (Unknown)
Dra. Erni (Unknown)
Susanti Pradini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Rendahnya minat generasi muda terhadap pembelajaran kewarganegaraan yang dianggap teoritis dan kurang menarik menjadi tantangan dalam penguatan civic competence di era digital. Penelitian ini mengkaji penggunaan TikTok sebagai media edukasi untuk menanamkan nilai-nilai kewarganegaraan dan karakter Pancasila pada mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten edukatif TikTok mampu meningkatkan motivasi belajar, literasi digital, serta kesadaran kewarganegaraan mahasiswa. Video singkat dan kreatif membuat materi PPKn lebih kontekstual dan mudah dipahami. Meski demikian, masih ditemukan kendala terkait kualitas konten dan risiko misinformasi. Dengan desain pembelajaran yang tepat serta penguatan literasi digital, TikTok berpotensi menjadi media pembelajaran inovatif yang efektif dalam membentuk generasi berdaya saing dan berkarakter Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...