Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep, implementasi, serta keunggulandan kelemahan model pembelajaran kooperatif dalam konteks pendidikan IlmuPengetahuan Sosial (IPS) di sekolah dasar. Model pembelajaran kooperatif dipandangmampu mengembangkan kemampuan sosial, berpikir kritis, dan kerja sama antarsiswa melalui kegiatan belajar yang menekankan interaksi dan tanggung jawabkelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan denganmenelaah berbagai sumber literatur, baik nasional maupun internasional, yang relevandengan penerapan pembelajaran kooperatif dalam IPS. Hasil kajian menunjukkanbahwa model ini efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, memperkuatketerampilan komunikasi, serta menumbuhkan sikap toleransi dan empati sosial.Namun, penerapannya juga memiliki tantangan, seperti kesulitan dalam pengelolaanwaktu, perbedaan kemampuan antar siswa, dan kebutuhan akan peran guru yang lebihintensif sebagai fasilitator. Oleh karena itu, diperlukan perencanaan pembelajaran yangmatang serta pelatihan bagi guru agar pelaksanaan model pembelajaran kooperatifdapat berjalan optimal dan memberikan kontribusi maksimal terhadap peningkatankualitas pembelajaran IPS.
Copyrights © 2025