Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 10 No. 04 (2025): Volume 10 No. 04 Desember 2025 Published

GAYA BAHASA PERBANDINGAN DALAM NOVEL ALGRAFI KARYA DWI BERLIANA

Leli Ulandari (Unknown)
Eddy Pahar Harahap (Unknown)
Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keunikan penggunaan gaya bahasa dalam novel Algrafi, yang tidak hanya menarik dari segi alur cerita, tetapi juga dari sisi keindahan bahasanya. Dwi Berliana memanfaatkan beragam gaya bahasa perbandingan seperti simile, metafora, dan personifikasi untuk memperkuat penggambaran karakter, suasana, serta konflik emosional dalam cerita. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan jenis-jenis gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam novel Algrafi, serta menjelaskan fungsinya dalam memperkaya makna dan keindahan bahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan stilistika. Prosedur penelitian dilakukan melalui teknik baca dan catat terhadap teks novel Algrafi terbitan Black Swan Books tahun 2022. Data yang ditemukan kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis gaya bahasa perbandingan, seperti simile, metafora, personifikasi, depersonifikasi, alegori, antitesis, pleonasme, perifrasis, prolepsis, dan epanortosis. Analisis dilakukan dengan teknik hermeneutik untuk menafsirkan makna dan fungsi gaya bahasa dalam konteks cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya bahasa perbandingan dalam novel Algrafi digunakan secara dominan melalui bentuk simile dan metafora, yang berfungsi memperjelas emosi tokoh dan memperindah narasi. Personifikasi dan alegori juga ditemukan dan berperan dalam menciptakan kesan simbolik serta menambah daya imajinatif pembaca. Secara keseluruhan, penggunaan gaya bahasa perbandingan dalam novel ini tidak hanya memperkaya estetika narasi, tetapi juga memperkuat penyampaian pesan moral dan emosional yang ingin disampaikan pengarang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...