Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penerapan pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar di era digital. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek sebanyak 60 siswa kelas IV SDN Mulyaharja 2 Kota Bogor. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang digunakan untuk menilai kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah penerapan PjBL. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis, dengan rata-rata skor meningkat dari 65 menjadi 82, atau naik sebesar 26% setelah implementasi PjBL. Siswa juga menunjukkan peningkatan dalam partisipasi, kolaborasi, dan refleksi terhadap proses belajar. Integrasi teknologi digital selama pelaksanaan proyek turut memperkuat motivasi dan kemampuan analitis siswa. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis proyek efektif untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis dan relevan diterapkan dalam pembelajaran abad ke-21.
Copyrights © 2025