EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 4 (2025): Agustus

Membangun Kesadaran Kewarganegaraan Mahasiswa melalui Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Seriyanti, Seriyanti (Unknown)
Ilyas, Ilyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kewarganegaraan mahasiswa melalui penerapan model Inquiry Learning dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya partisipasi aktif mahasiswa dan lemahnya pemahaman kritis terhadap isu-isu kewarganegaraan yang aktual. Model Inquiry Learning dipilih karena mampu mendorong mahasiswa berpikir kritis, aktif mencari informasi, serta merefleksikan nilai-nilai kebangsaan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pada mahasiswa Program Studi Kewirausahaan Universitas Megabuana Palopo. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman nilai-nilai demokrasi, hak dan kewajiban warga negara, partisipasi sosial, dan kepedulian terhadap isu-isu kebangsaan. Nilai rata-rata indikator “memahami nilai-nilai demokrasi” meningkat dari 76 pada siklus I menjadi 98 pada siklus II. Mahasiswa juga menunjukkan peningkatan partisipasi dalam diskusi serta kemampuan mengemukakan pendapat secara kritis. Penerapan model Inquiry Learning terbukti efektif dalam menumbuhkan kesadaran kewarganegaraan mahasiswa dan layak dikembangkan sebagai pendekatan alternatif dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...