Pengembangan media pembelajaran Asyiknya Belajar Bangun Datar (ABBD) berbasis Unity bertujuan untuk memudahkan siswa kelas V belajar materi bangun datar melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Media dirancang dalam bentuk aplikasi digital dan dapat diakses melalui perangkat komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Tahap define melibatkan kajian kebutuhan dari ketersediaan media pembelajaran. Tahap design melibatkan perancangan frame dan tampilan utama. Tahap pengembangan mencakup pembuatan konten interaktif, animasi, dan media yang dapat membantu siswa memahami konsep bangun datar. Tahap disseminate dilakukan dengan penyebaran media agar bisa dimanfaatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ABBD mendapatkan respon positif dari guru dan siswa. Angket persepsi guru memperoleh skor total 60 dengan persentase 75% termasuk ke dalam kategori “praktis”. Angket siswa memperoleh skor total 600 dengan persentase 83,3% sehingga termasuk ke dalam kategori “sangat praktis”. Dapat disimpulkan bahwa ABBD dalam materi bangun datar di kelas V sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu dapat dipastikan guru dan siswa tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan ABBD sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk menjadikan pembelajaran lebih berkualitas. Dengan demikian, ABBD dapat menjadi salah satu solusi inovatif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar, khususnya dalam materi bangun datar.
Copyrights © 2025