Jurnal Teknik Gradien
Vol 17 No 02 (2025): JURNAL TEKNIK GRADIEN (ON PROGRESS)

PENGARUH KINERJA PENAMBAHAN BAN BEKAS SEBAGAI CAMPURAN ASPAL

Komalawati, Rohma (Unknown)
Diana, Anita Intan Nura (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Jumlah limbah ban bekas terus meningkat seiring dengan bertambah jumlah kendaraan di indonesia. Masalah ini semakin besar limbah karet ban bekas ini mecemari lingkungan sekitar dan tidak mudah terurai jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan khusus. Banyak penelitian yang sudah dilakukan terhadap aspal untuk mendapatkan viskosistas yang baik dan daya tahan lama serta pemafaatan limbah serta mengurangi pencemaran lingkungan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kinerja penambahan ban bekas sebagai campuran aspal. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen, yaitu pengambilan data diambil dari metode percobaan di laboratoum. Pada penelitian ini peneliti menggunakan ban bekas sebagai campuran aspal variasi 2,5%, 2%, 10% sedangkan untuk kadar aspal menggunakan 5%. Setiap campuran proporsi dibuat sebanyak 3 sampel sehingga total keseluruhan sampel yang dipakai yaitu 9 sampel. Pengumpulan data terdiri data sekunder dan data primer. Teknik analis berupa kepadatan (density), VIM, VMA, VFA pelelehan (flow), dan amaMQ (Marshall Quotient). Dari pengujian bulk density, dan stabilitas dan flow diperoleh nilai tertinggi pada variasi 10% sedangkan pada varisi 0%, 1,5%, dan 2% memiliki nilai lebih rendah dari pengujian VIM, VMA, dan MQ diperoleh nilai tertinggi pada variasi 2% dan 10%. Dari pengujian VFA diperoleh nilai tertinggi pada variasi 0%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

teknikgradien

Publisher

Subject

Description

Jurnal Teknik Gradien adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Ngurah Rai. Hal ini bertujuan untuk memediasi dan mempublikasikan hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang teknik sipil dan perancangan, dimana pembaca jurnal diharapkan dari peneliti / ...