Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifita model pembelajaran basic learning dalam miningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas 3 SDN 2 Tallunglipu keterampilan membaca merupakan fondasi penting dalam proses pembelajaran, khususnya pada jenjang sekolah dasar, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas 3 di SDN 2 Tallunglipu, yang mengalami kesulitan dalam kelancaran dan pemahaman bacaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan membaca siswa setelah diterapkannya model based learning. Rata-rata nilai siswa miningkat dari 63,2 pada pra-siklus siklus menjadi 82,4 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) juga mengalami peningkatan dari 36% menjadi 88% selain itu, aktivitas dan minat siswa dalam kegiatan membaca meningkat secara nyata. Model pembelajaran based learning terbukti mampu membantu siswa memahami siswa secara bertahap, meningkatkan kepercayaan diri, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.
Copyrights © 2025