J-CEKI
Vol. 4 No. 6: Oktober 2025

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 3 SDN 2 Tallunglipu

Lusiana, Lusiana (Unknown)
Hakpantria, Hakpantria (Unknown)
Padalingan, Yohanis (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifita model pembelajaran basic learning dalam miningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas 3 SDN 2 Tallunglipu keterampilan membaca merupakan fondasi penting dalam proses pembelajaran, khususnya pada jenjang sekolah dasar, metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 11 siswa kelas 3 di SDN 2 Tallunglipu, yang mengalami kesulitan dalam kelancaran dan pemahaman bacaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan membaca siswa setelah diterapkannya model based learning. Rata-rata nilai siswa miningkat dari 63,2 pada pra-siklus siklus menjadi 82,4 pada siklus II. Persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) juga mengalami peningkatan dari 36% menjadi 88% selain itu, aktivitas dan minat siswa dalam kegiatan membaca meningkat secara nyata. Model pembelajaran based learning terbukti mampu membantu siswa memahami siswa secara bertahap, meningkatkan kepercayaan diri, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...