Abstrak Implementasi EMR bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pencatatan medis dan pelayanan kesehatan, namun keberhasilannya dipengaruhi oleh kualitas sistem, informasi, dan layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan EMR terhadap Kepuasan Pengguna di RSU Kasih Ibu Saba. Desain penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan melibatkan 62 responden tenaga medis. Analisis bivariat menggunakan uji chi-square menunjukkan bahwa kualitas sistem (p sama dengan 0,044), kualitas informasi (p lebih kecil dari 0,001), dan kualitas layanan (p lebih kecil dari 0,001) memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pengguna. Namun, hasil analisis multivariat menggunakan regresi logistik menunjukkan bahwa hanya kualitas informasi yang tetap menjadi prediktor signifikan kepuasan pengguna (p sama dengan 0,000), sedangkan kualitas sistem (p sama dengan 0,614) dan kualitas layanan (p sama dengan 0,999) tidak memiliki pengaruh signifikan. Kualitas informasi merupakan faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pengguna EMR di RSU Kasih Ibu Saba. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi faktor lain yang berkontribusi terhadap kepuasan pengguna EMR. Kata Kunci: Electronic Medical Records, Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pengguna.
Copyrights © 2025