SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL
Vol 14 No 3 (2025): SOSIOEDUKASI : JURNAL ILMIAH ILMU PENDIDIKAN DAN SOSIAL

PENERAPAN MODEL GAME BASED LEARNING BERBANTU WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SD NEGERI 227/VIII TIRTA KENCANA

dewi, dewi yunita sari (Unknown)
Tri Wera Agrita (Unknown)
Aprizan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2025

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 227/VIII Tirta Kencana melalui penerapan model Game Based Learning (GBL) berbantu media Wordwall. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa, terdiri atas 10 laki-laki dan 6 perempuan. Proses pembelajaran memanfaatkan Wordwall sebagai media digital interaktif berupa kuis dan permainan edukatif untuk mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, tes hasil belajar, serta dokumentasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kinerja pendidik, dari rata-rata 82,5% pada siklus I menjadi 92,5% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 68,5% pada siklus I menjadi 90,6% pada siklus II. Sementara itu, hasil tes belajar siswa meningkat dari 62,5% siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II. Peningkatan ini membuktikan bahwa penerapan GBL berbantu Wordwall mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, serta pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dengan demikian, integrasi model GBL dan media Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses maupun hasil belajar Bahasa Indonesia. Model ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran inovatif yang menyenangkan, interaktif, serta relevan dengan tuntutan pendidikan abad ke-21, khususnya pada pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sosioedukasi

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

urnal sosioedukasi (e-ISSN: 2541-612X, Print ISSN 2086-6135) diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Banyuwangi, diterbitkan dua kali setahun pada bulan mei dan november. fokus Scientific Journals of Education and Social. Jurnal sosioedukasi mencakup semua bidang dan ...