Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Munadzomah
Vol 4 No 2 (2025): AL-MUNADZOMAH

PELAKSANAAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM MUHADHARAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING SISWA DI SMAN 10 ACEH BARAT DAYA




Article Info

Publish Date
15 Oct 2025

Abstract

Manajemen peserta didik merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen berbasis sekolah yang bertujuan mengatur seluruh kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien. Salah satu bentuk implementasinya adalah program muhadharah, yaitu kegiatan latihan berbicara di depan umum sebagai sarana pembinaan keagamaan dan pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala seperti manajemen kegiatan yang belum optimal dan rendahnya kemampuan public speaking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan manajemen peserta didik dalam program muhadharah; efektivitas program muhadharah terhadap peningkatan kemampuan public speaking siswa; serta mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program muhadharah terhadap peningkatan kemampuan public speaking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program muhadharah dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu berdasarkan perencanaan yang telah disusun. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keberanian, kepercayaan diri, dan keterampilan berbicara siswa di depan umum. Faktor pendukung berasal dari dukungan sekolah dan tersedianya sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat utamanya adalah kurangnya kemauan dan kesiapan sebagian siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan muhadharah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-munadzomah

Publisher

Subject

Religion Education Physics Social Sciences

Description

Al-Munadzomah : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, review ...