Manajemen peserta didik merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen berbasis sekolah yang bertujuan mengatur seluruh kegiatan pembelajaran agar berjalan efektif dan efisien. Salah satu bentuk implementasinya adalah program muhadharah, yaitu kegiatan latihan berbicara di depan umum sebagai sarana pembinaan keagamaan dan pengembangan kemampuan komunikasi siswa. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala seperti manajemen kegiatan yang belum optimal dan rendahnya kemampuan public speaking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pelaksanaan manajemen peserta didik dalam program muhadharah; efektivitas program muhadharah terhadap peningkatan kemampuan public speaking siswa; serta mengindentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program muhadharah terhadap peningkatan kemampuan public speaking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program muhadharah dilaksanakan secara rutin setiap hari Sabtu berdasarkan perencanaan yang telah disusun. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan keberanian, kepercayaan diri, dan keterampilan berbicara siswa di depan umum. Faktor pendukung berasal dari dukungan sekolah dan tersedianya sarana prasarana, sedangkan faktor penghambat utamanya adalah kurangnya kemauan dan kesiapan sebagian siswa untuk berperan aktif dalam kegiatan muhadharah.
Copyrights © 2025