Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

INOVASI PEMBELAJARAN: APLIKASI DESMOS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Saenab, Saenab (Unknown)
Khaerani, Khaerani (Unknown)
Ernawati, Ernawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Experimental yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan aplikasi desmos pada siswa kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros pada materi lingkaran. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan one group pretest-posttest design, pengambilan sampel dilakukan dengan purposive  sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros sebanyak 21 siswa pada tahun pembelajaran 2024/2025. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kritis siswa dan lembar observasi keaktifan yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji prasyarat analisis dan uji paired sample t-test sebagai uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa sebelum perlakuan indikator terlemah adalah inferensi dengan rata-rata 2,76. Setelah perlakuan, mengalami peningkatan dengan rata-rata mencapai 8,33. Selain itu, indikator klarifikasi meningkat dari rata-rata 6,19 menjadi 9,95 pada posttest, indikator asesmen dari 4,43 menjadi 10,48 dan strategi dengan rata-rata 3,71 menjadi 7,19 setelah posttest. Peningkatan ini selaras dengan hasil keseluruhan, di mana rata-rata skor pretest sebesar 35,655 meningkat menjadi 74,876 pada posttest. Berdasarkan uji paired sample t-test diperoleh nilai signifikan maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP DDI Alliritengae Maros antara sebelum dan setelah diterapkan inovasi pembelajaran aplikasi desmos pada materi lingkaran

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...