Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies
Vol 3 No 5 (2025): Edisi September 2025

Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan di SMP Swasta Budisatrya

sinurat, yulianti (Unknown)
Khairuna (Unknown)
Zulfiana Herna (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP Swasta Budisatrya. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang terlihat dari keterbatasan dalam mengemukakan ide, memahami konsep sistem pernapasan, serta kecenderungan hanya menghafal tanpa pemahaman mendalam. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang diyakini mampu meningkatkan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diajar menggunakan model PjBL dan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budisatrya Medan tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 53 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik total sampling, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif berbentuk esai. Data dianalisis menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan uji-t berbantuan SPSS versi 31. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Model Pembelajaran PJbL berpengaruih signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif. Hal ditunjukkan dari hasil nilai pretest dan postest, dengan nilai rata-rata pretest kelas eskperimen yaitu 49,65 dengan kategori cukup kreatif dan nilai posttest kelas eksperimen yaitu 72,80 dengan kategori kreatif. Hal ini memperlihatkan peningkatan berpikir kreatif dengan menggunakan model PJbL pada kelas eksperimen atau kelas VIII-2 di SMP Swasta Budisatrya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJOMSS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup Jurnal Indonesian Journal of Multidisciplinary Scientific Studies (IJOMSS) dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian segala bidang keilmuan dengan menerapkan pendekatan Indonesian Journal of Multidisciplinary ...