Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen
Vol 13 No 3 (2025): Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, LIKUIDITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI DETERMINAN PERTUMBUHAN LABA DAN NILAI PERUSAHAAN: STUDI PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN DI INDONESIA

Suyono, Suyono (Unknown)
Benjo, William Hamdani (Unknown)
Fransisca, Luciana (Unknown)
Andi, Andi (Unknown)
Putri, Novita Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

This research purposed to determine the effect of current ratio, corporate social responsibility, and company size on profit growth and company value on food and beverages sub sector companies listed on Indonesian Stock Exchange for the 2017-2022 period. This study uses secondary data. This research has a population of 90 companies with purposive sampling as the sampling technique. The number of samples obtained were 24 companies. The analysis method of this research uses descriptive analysis, multiple linear regression and several types of evaluation used SPSS and SmartPLS software. From this research, it can be concluded that current ratio, corporate social responsibility, and company size have no significant effect on profit growth. Likewise, corporate social responsibility, company size, and profit growth has no significant effect on company value. On the other hand, current ratio has negative effect on company values. Suggestions for the future research are to consider the use of other variables that can influence profit growth and company value. Such as profitability ratios and Debt to Asset Ratio (DER) which have a significant effect on profit growth and company value. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh current ratio, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan terhadap pertumbuhan laba dan nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode 2017-2022. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini memiliki jumlah populasi sebanyak 90 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling sebagai teknik pemilihan sampel pada penelitian ini. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 24 perusahaan. Metode analisis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linier berganda serta beberapa jenis evaluasi dengan menggunakan bantuan software SPSS dan SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rasio lancar, corporate social responsibility, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba. Begitu pula dengan corporate social responsibility, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan laba yang tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, rasio lancar memiliki pengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Saran bagi peneliti selanjutnya (future research) adalah untuk mempertimbangkan penggunaan variabel lain yang dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan laba dan nilai perusahaan. Seperti rasio profitabilitas dan Debt to Asset Ratio (DER) yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba dan nilai perusahaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PROCURATIO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen (p-ISSN: 2549-5690; e-ISSN: 2580-3743) menerbitkan artikel-artikel di bidang Manajemen, seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Sistem Informasi. Redaksi menerima artikel ilmiah dalam bentuk hasil penelitian, ...