Beberapa penelitian yang menguji pengaruh dua kelompok sampel internal dan eksternal organisasi, masih menggunakan teknik analisis tradisional seperti regresi berganda. Kondisi ini menyebabkan kesalahan estimasi. Oleh karenanya studi ini bertujuan untuk menguji pengaruh perspektif sumber daya manusia terhadap perspektif konsumen dalam kerangkan model Balanced Scorecard. Penelitian ini menerapkan penelitian gabungan kuantitatif dan Research and Development (R&D). Sampel pada perspektif pembelajaran & pertumbuhan adalah 100 pegawai tetap, sedangkan sampel perspektif pelanggan adalah 100 peserta magang di Rumah Sakit Paru dr. Ario Wirawan Salatiga. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan data berpasangan (dyadic data). Hasil studi menjelaskan teknik analisis SEM pada Balanced Scorecard, mampu menjelaskan keberhasilan penggunaan Balanced Scorecard untuk pengukuran kinerja organisasi. Kebaruan dari studi ini adalah ditemukannya faktor kunci untuk analisis dyadic data (data berpasangan) pengaruh kepuasan kerja karyawan terhadap kepuasan pelanggan. Faktor kunci pada model perilaku organisasi disebut learn and growth core perspective, faktor kunci perilaku pelanggan dinamakan customer core perspective.
Copyrights © 2024