Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengukur tingkat validitas dari produk e-modul untuk pembelajaran servis bola voli siswa kelas IX di SMPN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE oleh Branch yang mencakup 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, dan Evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Subjek penelitian adalah 42 siswa di SMPN 3 Malang. Produk ini telah divalidasi oleh validator ahli media, ahli pembelajaran, ahli materi, serta diujicobakan kepada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba yang dilakukan kepada kelompok besar mendapatkan nilai presentase sebesar 92%. Dengan demikian produk pengembangan e-modul dapat dikategorikan sangat valid dan bisa dimanfaatkan dalam proses pembelajaran PJOK di SMPN 3 Malang. Produk pengembangan e-modul ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi siswa kelas IX di SMPN 3 Malang dalam melaksanakan pembelajaran PJOK materi servis bola voli.
Copyrights © 2025