Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa Board Game Jumanji Physical Fitness untuk mendukung pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di tingkat SMP. Media ini dirancang sebagai solusi atas rendahnya motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PJOK yang masih bersifat konvensional dan kurang variatif. Produk ini memadukan unsur permainan, latihan fisik berbasis tabata workout, dan musik ritmis untuk menciptakan pengalaman belajar yang aktif, menyenangkan, dan bermakna. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Kristen YSKI Semarang. Validasi oleh ahli materi dan media menunjukkan kategori “sangat layak”, dan respons siswa menunjukkan penerimaan yang positif terhadap media ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Board Game Jumanji Physical Fitness layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam PJOK, terutama untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa.
Copyrights © 2025