Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 6 No. 2 (2025): Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Wedarijaksa

Rahmawati, Setiawanda Desy (Unknown)
Septiyawan, Muhammad Davin (Unknown)
Khoirunnisa (Unknown)
Amaliyah, Fitriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kecerdasan Emosional (KE) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM) siswa kelas IV SD Wedarijaksa. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fakta bahwa banyak siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika berjenis pemecahan masalah, terutama dalam memahami konteks soal dan menentukan strategi penyelesaian yang tepat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto bersifat korelasional. Instrumen yang digunakan terdiri atas angket KE dan tes KPMM. Angket KE disusun berdasarkan lima indikator Goleman, yakni kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, dengan total 25 butir pernyataan berskala Likert. Tes KPMM terdiri atas empat soal uraian berbasis langkah pemecahan masalah menurut Polya. Data dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman Rank setelah hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal. Hasil analisis deskriptif menunjukkan rata-rata skor KE sebesar 72,43 dan KPMM sebesar 40,19. Uji Spearman Rank menghasilkan koefisien korelasi ρ = -0,199 dengan nilai signifikansi p = 0,386 (p > 0,05), yang berarti tidak terdapat hubungan yang signifikan antara KE dan KPMM siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional tidak secara langsung memengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis, melainkan berperan sebagai faktor pendukung dalam mengelola emosi dan motivasi belajar. Faktor kognitif seperti kemampuan berpikir logis, strategi penyelesaian, dan latihan soal diduga memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kemampuan pemecahan masalah. Oleh karena itu, pembelajaran matematika di sekolah dasar perlu menekankan pengembangan strategi kognitif dan pengelolaan emosi secara terpadu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JFi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika berisi artikel-artikel mengenai pendidikan matematika yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dalam bidang Pendidikan Matematika ...