Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti jenjang SMA terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) edisi 2017. Metode analisis kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi teks buku ajar dengan fokus pada identifikasi nilai-nilai moderasi beragama yang disajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tersebut menyajikan berbagai nilai moderasi beragama, seperti toleransi, menghormati perbedaan, keadilan, dan sikap saling menghargai antarumat beragama. Namun, ada juga beberapa aspek yang perlu diperhatikan, seperti kedalaman pemahaman konsep-konsep agama dan pengintegrasian nilai-nilai ke dalam konteks kehidupan sehari-hari. Kesimpulannya, buku ajar tersebut memberikan landasan yang kuat untuk pembentukan karakter yang moderat beragama bagi siswa SMA, tetapi juga memerlukan peninjauan lebih lanjut untuk memastikan bahwa nilai-nilai tersebut diterapkan secara efektif dalam pembelajaran dan praktek kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2024