JKMS : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS)

Pengaruh Konten Instagram @ivanlanin Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mengenai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Bagi Pengikutnya

Syahputri, Restira My (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah Nurjannah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2023

Abstract

Salah satu pemengaruh yang memanfaatkan media sosial sebagai media untuk menyebarkan informasi berupa edukasi seputar PUEBI dan kebahasaan adalah @ivanlanin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan teknik simple random sampling dengan rumus slovin dan mendapatkan total responden sebanyak 400 orang. Penyebaran angket/ kuisioner dalam bentuk google form dan teknik analisis data yang digunakan yakni regresi linear sederhana dan koefisien determinasi (R2). Alat yang digunakan untuk mengolah hasil penelitian adalah aplikasi SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana, menunjukkan nilai Y = 2,278 + 0,397X dengan nilai constanta (a) sebesar 2,278, dan koefisien variabel X sebesar 0,397. Sementara t hitung sebesar 48,001 lebih besar dibandingkan t tabel  1,971, dimana Ha diterima dengan signifikansi sebesar 0,005. Hasil pengolahan data pada indikator variabel X mencapai rata-rata 3,80, pada indikator Courteous skala 3,85, Correct skala 3,83, Concise skala 3,81, Concreate skala 3,80, Clarity dan Complete skala 3,78, dan Coherent skala 3,78. Sementara pada variabel Y, rata-rata indikator mencapai skala 3,81, pada Kognitif dengan skala 3,86, Integrasi Sosial skala 3,84, Integrasi Personal skala 3,83, Pelepasan skala 3,77, dan Afeksi skala 3,76. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JKMS

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS) accepts all research and scientific papers from researcher, academics, practitioners who work in the field of media and communication applied studies which may include to these fields: Journalism Public relations Phenomenology Studies Marketing Communication ...